top of page

Mau Buat Konstruksi Kapal Kayu? Percayakan Kepada Kami

Updated: Jan 10, 2022


Manusia telah mulai membuat konstruksi kapal kayu sejak ribuan tahun lalu. Tapi, saat ini sebuah kapal kayu telah dianggap kuno dan tidak menarik karena telah tergantikan dengan kapal-kapal jenis fiberglass.


Kapal merupakan transportasi air yang juga banyak digunakan dalam industri pariwisata. Transportasi ini berhasil menjadi salah satu fasilitas terbaik dalam menarik pengunjung untuk melakukan wisata ke suatu daerah.


Transportasi ini menjadi menarik karena memiliki model, ukuran, dan kapasitas penumpang yang bermacam-macam. Hal itu membuat para wisatawan dapat menyesuaikan pilihan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.


Metode dalam Konstruksi Kapal Kayu


Dalam membuat sebuah konstruksi tentu tidak dilakukan secara asal-asalan. Sebuah konstruksi harus dibangun atau dibuat sesuai standar dan metode tepat serta menggunakan material yang kuat.


Salah satu metode yang dapat diterapkan dalam konstruksi sebuah kapal adalah plank on frame. Plank on frame menjadi metode paling tradisional, memiliki prinsip sederhana meskipun detailnya cukup rumit.


Struktur kapalnya ditentukan oleh lunas, ini merupakan tulang punggung horizontal yang memiliki batang vertikal sehingga membentuk haluan. Pada beberapa jenis konstruksi pada kapal dengan kayu terdapat deadwood yang diikatkan pada lunas.


Dengan membentuk kerangkanya terlebih dahulu, rancang bangun lumbungnya dapat disesuaikan sehingga mendapatkan bentuk dan fungsi sesuai kebutuhan. Untuk saat ini, bentuk lambungnya telah disesuaikan dengan tenaga pendorong mesin.


Metode plank on frame dinilai unggul dari segi fungsionalitas bentuk serta kekuatan dari konstruksinya. Ini dikarenakan plank on frame memiliki papan lambung yang tidak terlalu besar, lebar, dan tebal.


Selanjutnya adalah konstruksi kapal kayu cold molding, pada metode ini terdapat penambahan bahan perekat anti air. Ada beberapa bahan perekat yang biasa digunakan seperti resorcinol, urea formaldehyde, dan juga epoxy.


Ketiganya memiliki rekatan hampir sama, tapi jika memilih salah satunya, jenis epoxylah yang terunggul. Jenis epoxy memiliki proses pengeringan cepat dan tidak mudah susut sehingga baik untuk menjadi perekat kapal.


Epoxy dapat membuat berbagai jenis kayu, baik tipis ataupun tebal mudah untuk dibentuk. Dengan begitu, pengrajin dapat lebih mudah membuat berbagai bentuk kapalnya yang tetap kekar dan ringan.


Penyedia Jasa Pembuat Konstruksi Kapal Kayu

Ada banyak orang yang ingin membuat kapalnya sendiri, dan mungkin Anda juga memiliki keinginan tersebut. Namun, tersebut masih belum terlaksana karena Anda tidak mengetahui bagaimana cara membuatnya.


Ketika akan membuatnya, mungkin Anda kesulitan untuk mencari bahan kayu dengan ukuran besar tersebut. Ada 7 jenis tumbuhan berkayu yang biasa digunakan seperti Akasia, Bayur, Bendo, Jati, dan Kesambi.


Mungkin, Anda juga akan menemukan kesulitan lainnya seperti kesulitan dalam membuat konstruksi kapal yang kuat. Ini tentu akan sulit, ada baiknya Anda mencoba jasa pembuatan kapal Kami.


Sekarang ini, impian Anda untuk memiliki kapal sendiri dapat terwujud. Percayakan semuanya kepada Kami, mulai dari pemilihan bahan hingga ke tahap pembuatannya. Anda juga akan mendapatkan perbaikan sesuai yang diinginkan.


Anda tidak perlu repot memikirkan bahan material apa dan bagaimana cara membuatnya. Anda hanya perlu memikirkan model yang diinginkan, kami akan membuatnya sesuai keinginan klien.


Memiliki kapal pribadi tentu merupakan impian setiap orang dan dapat terwujud ketika mengetahui bagaimana cara membuatnya. Tetapi, hal itu juga dapat diwujudkan ketika Anda menggunakan kami jasa pembuatan kapal kayu.


Ketika ada kerusakan konstruksi kapal jangan segan untuk menghubungi kami juga, beritahu detailnya dan akan langsung diperbaiki. Untuk melihat layanan pembuatan konstruksi kapal kayu yang kami tawarkan, Anda dapat mengunjungi https://yachtsourcing.com/id/desain-konstruksi-kapal/.






7 views0 comments

Comments


Postingan: Blog2_Post
bottom of page