top of page

Mengenal Kapal Pinisi Lebih Dekat, dari Legend ke Elegan


Apakah Anda pernah mendengar kapal pinisi? Apa saja fakta yang Anda ketahui tentang kapal yang satu ini karena jika dilihat-lihat, jenis kapal yang satu ini cukup keren. Dulu, jenis kapal ini dianggap sebagai salah satu kapal elegan dan kini dianggap kapal paling legendaris.


Cukup unik jika kita membahas soal jenis-jenis kapal, ada saja fakta dibalik itu yang membuat para penikmat kapal semakin suka dalam membahasnya. Jika membahas soal segi sejarah, kapal jenis pinisi ini diambil dari kata Panisi dari bahasa Bugis yang artinya menyisipkan.

Membahas soal sejarahnya lagi, kapal pinisi ini telah ada sebelum tahun 1500an atas dasar Putra Mahkota Kerajaan Luwu yang ingin berlayar ke Tiongkok untuk menikahi seorang putri bernama We Cudai, Putri Tiongkok. Maka dari itu, perlu adanya kapal untuk membawanya ke daratan sana.


Maka dari itu, dibuatlah salah satu kapal paling besar di abad ke-14. Akan tetapi, itu bukan satu-satunya fakta untik dibalik dibuatnya kapal ini. Masih ada banyak cerita menarik yang harus Anda semua ngerti dulu agar nantinya bisa menambah nilai sejarah Anda juga.


Fakta Unik Mengenai Kapal Pinisi

Jadi, agar semakin paham tentang kapal ini dan menambah nilai kagum Anda ke pinisi, maka perlu juga tahu fakta unik ini. Sesuai dengan namanya, kapal ini lebih ke sisipan papan dan bahan lain untuk membuat dinding dan lantai. Jadi, apa fakta lain yang perlu Anda tahu?


1. Perlu Ada Ritual Sebelum Dibuat

Sebelum mulai membangun kapal ini, akan ada ritual dulu yang bakal dilakukan oleh calon pemilik dan para pembangunnya. Pembuatan kapal pinisi ini cukup perlu teknis yang matang dengan dibantu kekuatan magis yang didapat saat upacara tersebut.


Mulai dari pencarian kayu untuk kapal ini, hanya boleh dilakukan saat hari ke-5 dan hari ke-7 setiap bulannya. Jika stok kayu habis sebelum tanggal itu, maka kapal yang sedang dibangun itu akan dihentikan. Karena menurut mereka, ini soal rejeki.


2. Dibangun Tanpa Sketsa

Apakah Anda bisa membayangkan kapal yang ukurannya sangat lebar, panjang, dan tinggi seperti kapal pinisi dibangun tanpa adanya gambaran kasar atau sketsa? Tetapi ini adalah nyata karena saat dibangun nanti, tidak ada gambaran yang dipegang.


Para pembangun kapal sudah tahu apa yang akan mereka buat. Semua struktur ini dimulai dari pembangunan kipas hingga bodynya. Ini semua harus disusun agar kapal ini bisa mengarungi lautan dengan kokoh meskipun terkena air laut yang kuat.


3. Dua Kalimat Syahadat

Kapal ini sangat megah dan tidak ada yang bisa mengabaikan pemandangan ketika melihat kapal pinisi ini. Dua layar tiang yang besar menjulang tinggi membuat kapal bisa bergerak ketika ditiup angin. Namun, dua tiang besar itu bukan tanpa arti.


Dua tiang layar yang ada di depan dan belakang ini dapat diartikan sebagai 2 kalimat syahadat. Sedangkan 7 layar akan dipasang di tiang itu melambangkan jumlah ayat dari surat Al-Fatihah. Ini berarti sekaligus doa untuk melindungi perjalanan.


Tidak semua kapal memiliki cerita pembuatannya, apalagi jika melihat jenis kapal modern saat ini. Tetapi jika melihat kapal yang dibuat di jaman dulu, sangat kaya akan latar belakang. Kapal jenis pinisi menjadi salah satunya, dengan cerita pembuatan untuk sampai ke daratan China.

Mengerti soal sejarah kapal ini sangat menarik dan akan menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk pengetahuan sehingga tertarik segera mengunjungi situs https://yachtsourcing.com/id/sejarah-pinisi/. Di sana, ada banyak yang dibahas dan akan membuat kekaguman akan kapal pinisi.

24 views0 comments

Comments


Postingan: Blog2_Post
bottom of page